Rabu, 12 Desember 2012

Pidato Peringatan 17 Agustus


Beberapa hari yang lalu penulis mendapat tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu membuat pidato. Cuma sekedar berbagi aja: 


"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Secara pribadi saya ingin menyampaikan kepada seluruh peserta upacara tentang betapa pentingnya mempertahankan dan mengisi sebuah kemerdekaan. Para pahlawan terdahulu berjuang keras hingga tetes darah penghabisan untuk meraih sebuah kemerdekaan. Suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh rakyat Indonesia saat itu tentunya. Kini kemerdekaan tersebut telah kita raih. Lalu bagaimana selanjutnya? Tentunya kita harus mempertahankan dan mengisi kemerdekaan tersebut. Belajar dengan tekun adalah salah satu cara untuk mengisi kemerdekaan Indonesia. Melalui belajarlah kita dapat mengenal bangsa kita.
Mari kita renungkan bersama. Betapa banyaknya penduduk di daerah perbatasan yang lebih mengenal negara tetangga dari pada negaranya sendiri. Hal seperti ini terjadi karena terisolasinya daerah perbatasan serta lambatnya pembangunan di daerah tersebut. Para penduduk menggantungkan hidupnya dari negeri tetangga dan lebih memilih pergi ke negara tetangga yang lebih dekat untuk memenuhi kebutuhan hidup dari pada pergi ke kota terdekat yang jaraknya sangat jauh. Alhasil mereka merasa asing dengan masyarakat Indonesia dan lebih akrab dengan masyarakat negara tetangga. Kemerdekaan yang telah diraihpun terasa hambar di sana. Saat ini Indonesia masih tertidur meskipun kemerdekaan telah lama digenggam.
Karena itu, jagalah selalu persatuan dan kesatuan bangsa. Karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah kunci dari upaya kita mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Ingatlah ketika bangsa ini dijajah, persatuan dan kesatuan adalah sesuatu yang sulit untuk diwujudkan saat itu sehingga bangsa ini dijajah begitu lama. Jangan biarkan kemerdekaan yang telah dicapai oleh para pahlawan kita dengan susah payah lepas begitu saja.
Janganlah kita menyia-nyiakan apa yang telah diraih para pahlawan. Bangsa ini harus berbenah untuk menjadi lebih baik lagi. Kita bangun bangsa ini menjadi bangsa yang besar, bangsa yang maju, bangsa yang disegani oleh seluruh negara di dunia bukan karena pemimpinnya saja tetapi juga karena para generasi penerus bangsa yang mengisi kemerdekaan. Mari kita bangun bangsa ini mulai dari diri kita sendiri. Kita tunjukan kepada dunia siapa kita sebenarnya. Kita bukanlah bangsa yang kecil, bukan bangsa yang penakut yang lari dari permasalahan yang menimpanya. Kita adalah bangsa yang besar yang berbudi luhur. Kita bangunkan Indonesia dari tidur panjangnya dan menatap masa depan dengan penuh rasa optimis. Inilah saatnya untuk kita membangun negara yang kita cintai ini. Kita buat Ibu Pertiwi bangga akan apa yang kita perbuat.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat berguna bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar